Tradisi unik di Tuban

Ada Tradisi Unik Untuk Sapi di Tuban Jawa Timur

Tak seperti hewan lain pada umumnya, ternyata sapi di Tuban Jawa Timur bisa mendapatkan perlakuan yang tak jauh berbeda dengan manusia yakni merayakan ulang tahun. Tradisi unik di Tuban itu terjadi sudah sejak lama dan dimaksudkan untuk memberi keberkahan para peternak sapi agar diberi keselamatan dan keberlimpahan rejeki oleh Yang Maha Kuasa.

Perayaan ulang tahun sapi dilakukan setahun sekali. Rata-rata pemilik sapi memperingatinya di bulan Jumadil Akhir atau Rajab dalam penanggalan Jawa. Sementara yang lain menunggu masa panen tiba, karena memiliki kepercayaan sendiri.

Adapun prosesi ulang tahun sapi sebagai tradisi unik di Tuban Jawa Timur itu dimulai dengan bancakan atau kenduri. Setiap pemilik sapi mengumpulkan ketupat dan lepet lengkap dengan sayur dan lauk yang saksikan para tetangga.

Perayaan ulang tahun sapi menjadi tradisi budaya yang unik di Dusun Dlupang, Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Dalam pelaksanaannya, warga menyiapkan hidangan spesial berupa ketupat.

Selain dihidangkan, ketupat juga dikalungkan ke leher sapi yang berulang tahun. Berbeda dari ketupat pada umumnya, ketupat yang dikalungkan ke leher sapi berbentuk seperti tanduk. Inilah salah satu tradisi unik di Tuban Jawa Timur yang belum banyak diketathui orang banyak.

Sebelum ketupat dikalungkan ke leher sapi, para warga yang mayoritas petani berkumpul untuk memanjatkan doa keselamatan. Tokoh masyarakat setempat yang biasa disebut modin, memimpin doa yang berupa mantra-mantra berbahasa Jawa.

Selain ketupat, ada juga lepet yang disajikan lengkap dengan sayurnya. Hidangan ini dibagikan kepada tetangga yang ikut merayakan ulang tahun sapi sebagai tradisi unik di Tuban.

Berbeda dengan peringatan ulang tahun yang biasanya merujuk pada tanggal lahir seseorang. Penyelenggaraan ulang tahun sapi ini dilakukan setiap awal bulan Ruwah atau Sya’ban. Nah, ketika itu, modin (sang pembaca mantera) keliling dari rumah ke rumah untuk mendoakan sapi yang merupakan hewan ternak warga setempat.

Belum diketahui kapan tradisi unik di Tuban ini mulai dilakukan. Namun, tradisi perayaan ulang tahun sapi sudah mendarah daging dalam kehidupan sosial masyarakat setempat.

baca juga : Jika Food Estate Berkembang di Tuban Jawa Timur

Acara puncak dari perayaan itu yakni prosesi pengalungan ketupat ke leher sapi. Ketupat berbentuk tanduk yang disebut ketupat ‘sungu’ dikaitkan di leher sapi. Baik sapi anakan maupun yang sudah dewasa. Ketupat ‘sungu’ sendiri bukan berisi beras seperti pada umumnya, tetapi berisi ketan.

Selebihnya, ketupat ditaruh pada atap di setiap pojok kandang ternak. Ketupat yang dikalungkan di leher sapi otomatis akan dimakan hewan ternak itu, terutama apabila sudah layu.

Tradisi unik di Tuban
Sapi Peliharaan di Tuban – Sumber : Tempo.co

Perayaan ulang tahun sapi diharapkan membawa berkah. Sapi diharapkan berkembang biak, menjadi gemuk, dan memiliki harga tinggi saat dijual. Perayaan ulang tahun sapi sendiri merupakan wujud rasa syukur para peternak di wilayah setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top