Like Instagram Dihapus

Ups! Like Instagram Dihapus

Instagram sedang uji coba untuk menghilangkan “like” yang diperoleh pengguna setelah mengunggah foto atau video. Langkah itu dilakukan guna mencari solusi atas kritik yang menyebut jumlah like bisa membandingkan pengguna satu dengan lainnya.

Platform berbagi foto yang dimiliki Facebook itu telah menjalankan uji coba di Kanada sejak Mei lalu. Kini Instagram akan memperluas uji coba penghapusan like di Irlandia, Italia, Jepang, Australia, Brasil, dan Selandia Baru.

Kelompok yang terkena dampak kebijakan baru Instagram itu adalah para influencer dan para selebritas yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mencari uang.

Selain faktor kesehatan mental, Instagram berdalih penghapusan like bertujuan agar masyarakat fokus pada foto dan video yang dibagikan. “Bukan fokus berapa like yang didapatkan,” demikian ungkap Instagram. Adam Mosseri, pemimpin Instagram, mengungkapkan kepada BuzzFeed News bahwa tujuan utama penghilangan like adalah menciptakan lingkungan yang tidak tertekan.

“Penghapusan itu bisa membuat orang lebih nyaman mengekspresikan diri mereka,” katanya. Namun fitur penghitungan bagi Instagram bisnis tidak akan berdampak selama uji coba tersebut. Selain like, terjadi juga perubahan pada feed, permalink, dan profil. “Kita ingin menjadikan Instagram sebagai tempat di mana orang merasa nyaman,” kata Direktur Kebijakan Facebook Australia dan Selandia Baru, Mia Garlick, seperti dilansir The Telegraph.

Pengamat media sosial dari Komunikonten, institut media sosial dan diplomasi, Harico Wibawa mengungkapkan sejak awal pihak Instagram ingin penggunanya beriklan kepada mereka, bukan kepada sesama pengguna karena hal tersebut merugikan Instagram. “Pola pikir seperti ini dianut semua pemilik media sosial, tetapi mereka tidak akan menyampaikannya secara terbuka,” kata Harico.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top