Hari Pers Nasional 2020

Hari Pers Nasional 2020, Momentum Kebebasan Pers Dan Jurnalis Untuk Menjadikan Tuban Mendatang Lebih Baik

Tuban tak luput dari jejak kelam persekusi terhadap jurnalis, sebut saja peristiwa Mubarok dan Muthohar, 2 jurnalis yang mengalami kekerasan saat melakukan peliputan konser musik di Alun-Alun kota Tuban pada tahun 2013 lalu. Itu mungkin satu dari berbagai kasus yang terjadi, dan melalui Hari Pers Nasional (HPN) 2020 ini, momentum kebebasan pers dan jurnalis untuk menjadikan Tuban lebih baik di masa mendatang diharapkan bisa tercapai.

Skalasi Asia, Reporter Sans Frontiers atau Reporter Without Borders, organisasi pemantau media yang berbasis di Paris, pada tahun 2018 menempatkan Indonesia pada peringkat 124 dari 180 negara. Meskipun Indonesia memang masih lebih baik dari Filipina yang berada di peringkat 13), Myanmar (137), Kamboja (142), Malaysia (145), Singapura (151), Brunei (153), Laos (170), dan Vietnam (175). Namun Indonesia masih berada di belakang Timor Leste yang ada di peringkat 93.

Ada tiga aspek yang menjadi tolak ukur dalam menilai kondisi kebebasan pers sebuah negara. Masing-masing: iklim hukum, iklim politik, dan iklim ekonomi.

Iklim hukum menyoroti aspek regulasi sebuah negara terhadap kebebasan pers. Sedangkan aspek politik menyoroti kebijakan yang berdampak terhadap kebebasan pers. Termasuk dalam bagian ini adalah kasus kekerasan terhadap jurnalis dan media. Iklim ekonomi menyorot lingkungan ekonomi negara yang berdampak pada kebebasan pers.

Persekusi tak hanya terjadi di Tuban, tahun 2018 lalu, persekusi online juga didapat jurnalis kumparan.com dan detik.com. Jurnalis kumparan.com di persekusi karena tidak menyematkan kata ‘habib’ di depan nama Rizieq Shihab dalam beritanya.

Sementara jurnalis detik.com dipersekusi terkait berita tentang pernyataan Juru Bicara Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin dan saat meliput peristiwa yang disebut “Aksi Bela Tauhid” 2 November 2018.

Semoga saja catatan kelam itu mulai terkikis. “Sampaikanlah informasi dengan Merdeka. Tanpa tendensi apapun dan Tanpa kepentingan siapapun. Teruslah menyampaikan kebenaran untuk Tuban Mendatang Lebih Baik. sahabat – sahabat jurnalis. Selamat Hari Pers Nasional 2020,” ucap Adi Widodo untuk seluruh sahabat jurnalis di Indonesia dan kabupaten Tuban khususnya.

Sumber : aji.or.id/ bloktuban.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top