Destinasi Wisata Kabupaten Tuban Yang Perlu Anda Ketahui

Destinasi Wisata Kabupaten Tuban Yang Perlu Anda Ketahui

Kabupaten Tuban yang berada 100km dari sebelah barat Surabaya dan 210km dari pusat kota Jawa Tengah, boleh dibilang masih menyimpan destinasi wisata yang cukup eksotis. Daerah yang memiliki pesisir pantai sepanjang 65km ini ternyata juga memiliki titik lokasi keindahan tak hanya di pinggir laut, tetapi ada juga di hutan dan perbukitan yang 75% masih natural.

Ketika bertandang, dijamin, Anda akan merasakan keindahan dan tata kelola alami yang dimanfaatlan oleh masyarakat sekitar yang sangat ramah menyambut atau bahkan memberikan informasi tentang seperti apa dan bagaiama awal mula tempat tersebut menjadi destinasi wisata.

Jangan khawatir jika tempat in tak bisa untuk ber-swafoto, di setiap destinasi wisata, Anda pasti akan menemukan tempat untuk berfoto dengan latar yang natural. Tak sedikit para muda-mudi kabupaten Tuban yang bertandang ke destinasi wisata kabupaten Tuban untuk berkumpul dan bertemu, tak sedikit pula penduduk lokal yang memanfaatkan wisata ini untuk sekedar refreshing.

Penasaran seperti apa tempat-tempat yang bisa disinggahi untuk sekedar melepas lelah atau traveling? Berikut adalah destinasi wisata kabupaten Tuban yang perlu Anda ketahui;

1. Paralayang di Trantang, Kerek, Tuban

Destinasi Wisata Kabupaten Tuban Yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin Anda belum pernah melihat kabupaten Tuban atau pemandangan kota yang dikenal dengan ‘Bumi Ronggolawe’ ini dari ketinggian. Jika ingin menikmatinya, Anda cukup bergeser 30km dari pusat kota.

Lokasi ini merupakan kawasan perbukitan kapur cadas yang berada di Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sayangnya, pemerintah kabupaten Tuban belum menata tempat ini sebagai kegiatan wisata, dan yang secara rutin bertandang ke lokasi ini adalah para atlet paralayang.

Terakhir, kejuaraan paralayang daerah diadakan pada November 2017 lalu. Bukit dengan ketinggian 650 hingga 1.100 mdpl, ternyata harus ditempuh dengan hati-hati karena jalur yang dilalui masih sangat oisinil dengan bebatuan dan tebing yang curam.

2. Air Terjun Nglirip

Destinasi Wisata Kabupaten Tuban Yang Perlu Anda Ketahui

Terletak di Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Propinsi Jawa Timur. Air terjun ini juga memiliki keindahan yang tak kalah menarik. Air yang bersumber dari mata air hutan Karawak berjarak 3km dari air terjun memberikan keindahan tersendiri ketika melihatnya.

Tempat ini pantas dijadikan untuk latar berfoto, tak hanya itu, beberapa area juga diberikan papan bertuliskan pantun lucu kekinian sehingga cukup berkesan setelah meninggalkan area tersebut.

Destinasi wisata kabupaten Tuban ini berjarak sekitar 36km dari pusat kota, Anda bisa menuju lokasi dengan angkutan umum colt. Sementara untuk mobil pribadi, gunakan rute Tuban – Montong – Singgahan atau Tuban – Kerek – Singgahan. Jika Anda daro Bojonegoro, Anda bisa melewati Parengan menuju Singgahan.

3. Pantai Cemara

Ingin berfoto untuk matahari terbit? Ini adalah destinasi wisata kabupaten Tuban yang tak boleh dilewatkan, pantai yang terletak di desa Sugihwaras, kecamatan Jeni, kabupaten Tuban ini terletak di jajaran pantai utara.

Jika Anda dari pusat kota, maka jarak yang perlu ditempuh tidaklah jauh, sekitar 6,3km, dan itu kurang lebih memakan waktu sekitar 20 menit. Sayangnya, fasilitas yang tersedfia di pantai ini kurang lengkap, tak jarang toilet yang berada di belakang para penjaja makanan dan minuman ini tidak tersedia air.

Tapi untuk urusan pemandangan, pantai ini tak kalah dengan beberapa pantai yang ada di kabupaten Tuban. Pemandangan kapal pengangkut batubara, kemudian pabrik kilang milih perusahaan swasta hingga deburan ombak yang tak terlalu keras, membuat pantai ini sangat bersahabat karena memilliki pasir yang putih sedikit kecoklatan.

4. Klenteng Kang Sing Bio

Destinasi Wisata Kabupaten Tuban Yang Perlu Anda Ketahui

Objek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata di Tuban yang menarik untuk dikunjungi. Keberadaan klenten yang sejak lama ini tak pernah mengalami perdebatan antar umat beradama, dan ini perlu dicontoh, malah, pengurus dan masyarakat sekitar yang memiliki perbedaan agama justru saling membantu.

Jika Anda berkunjung kesana Anda akan melihat tersedianya mushola untuk ibadah umat muslim di dalam klenteng, dan ini mencerminkan bahwa agama tak dibedakan dan bukan untuk diperdebatkan.

Beberapa fasilitas yang ada sepert area parkir yang cukup luas bisa Anda nikmati, kemudian tersedia toilet umum, rumah makan di sekitar klenteng, spot foto yang menarik, tempat istirahat dan lain-lain.

5. Nganget

Para Penjaja Pijat Di Objek Wisata Nganget

Anda mungkin penasaran dengan nama ini, tetapi ini merupakan sebutan sederhana untuk masyarakat sekitar yang memanfaatkan air panas yang muncul dari mata air untuk kesehatan dengan nama, nganget.

Pemandian Nganget yang berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban ini juga menawarkan pijat untuk kesehatan, dan biasanya setelah berendam dengan air hangat pijat akan lebih terasa karena peredaran darah sudah terasa lancar.

Sayangnya, belum terlihat sentuhan keindahan untuk objek wisata yang cukup berpotensi jika diberikan penataan baik dari sisi fasilitas untuk salin, tata lampu yang lebih nyaman, hingga penginapan yang bisa dimanfaatkan untuk pengunjung beristirahat.

Ituah destinasi wisata kabupaten Tuban yang bisa Anda kunjungi, beberapa tempat mungkin terlihat kurang nyaman untuk dilihat, tetapi tak seluruh tempat yang menjad rekomendasi Kami untuk Anda kunjungi adalah buruk. Untuk itu, besar harapan para petinggi dan pemangku kebujakan kabupaten Tuban untuk bisa memberikan kontribusi di lokasi wisata yang sebenarnya memiliki potensi bagus tetapi kurang sentuhan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top